PENGARUH DAN STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MELALUI IMPLEMENTASI KODE ETIK DAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SDIT SAMAWI

Authors

  • Abimanyu Aulia Ulumfadilah Universitas Alma Ata Author
  • Amalia Zahro Nurrohmah Universitas Alma Ata Author
  • Dian Elok Faiqoh Universitas Alma Ata Author
  • Aida Hayani Universitas Alma Ata Yogyakarta Author

Keywords:

Education, School, Character

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhdari implementasi kode etik guru dan supervisiPendidikan terhadap peningkatan kemampuan guru di SDIT Samawi. Penelitian dilakukan dengan mengadopsipendekatan kualitatif yang melibatkan pengumpulan data dari observasi dan wawancara komprehensif dengansalah satu guru senior yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini juga menggunakan metode studi pustakadengan menganalisa artikel, jurnal dan dokumen terkaituntuk dijadikan sebagai referensi penelitian. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk guru yang profesional dan kualitas pengajaran yang baik, sangat penting untuk mengimplementasikan kode etikguru. Selain itu, supervisi pendidikan yang efektif dapatmendorong pengembangan kompetensi guru melaluiumpan balik terstruktur dan dukungan yang berkelanjutan. Implikasi dari temuan ini adalah perlunyamemperhatikan secara seksama penerapan standar etikadan sistem manajemen SDIT Samawi untuk menjaminpeningkatan kompetensi guru dan mutu pendidikan secaraberkelanjutan.

References

Azhari, D. S., & Usman, U. (2022). Etika Profesi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Kewarganegaraan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4386

Donni Juni Priansa. (2005). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, 19–70.

Larasati, E. D. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam. JIE (Journal of Islamic Education), 1(1), 1–140. http://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/46

Sugiarto. (2010). Pelaksanaan Kode Etik Fguru Di Maddrasah Aliyah Al Qasimiyah Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Skripsi, 4(1), 1–60.

Wulandari, A. E. I. N. R. M. S. S. (2022). Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan Islam. In Leadership Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 4, Issue 1, pp. 107–123).

Zacky, A. (2016). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik ; Reaktualisasi dan Pengembangan Kode Etik Guru di Madrasah Aliyah Darul Amin Pamekasan Akhmad Zacky AR ( STIKA An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep ) Abstract : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 271–292.

Downloads

Published

07-12-2024

How to Cite

PENGARUH DAN STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MELALUI IMPLEMENTASI KODE ETIK DAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SDIT SAMAWI. (2024). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 2(2), 114-120. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/109

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.