PENDEKATAN DAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Abdul Afwu Godly Prayitno Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Author
  • Sukiman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author

DOI:

https://doi.org/10.71025/zr946g36

Keywords:

Curriculum Approach, Curriculum Model, Curriculum Development

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendekatan dan model pengembangan kurikulum yang relevan untuk Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Fokus utama penelitian adalah menemukan model yang efektif untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pembelajaran PAI di tengah perubahan sosial, budaya, dan teknologi. Melalui metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi dua pendekatan utama, yaitu teknikal dan nonteknikal, serta berbagai model pengembangan kurikulum, termasuk model kompetensi dan tematik-integratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan teknikal lebih cocok untuk lembaga pendidikan Islam yang berorientasi pada capaian kompetensi siswa, sedangkan pendekatan nonteknikal efektif untuk lembaga pendidikan Islam non formal, yang menitikberatkan pada pembentukan karakter dan spiritualitas siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum PAI yang lebih adaptif dan kontekstual, serta menjadi referensi bagi pembuat kebijakan dan pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, F., Adib, H., & Misbah, M. (2021). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Integratif Inklusif. EDUPROF: Islamic Education Journal, 3(2), 165–182. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i2.91

Abdurrahman, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 279–297. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336

Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain, dan Pengembangan (2nd ed.). KENCANA.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum (1st ed.). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Fauzi, D. M. (2019). PENERAPAN KURIKULUM TERPADU PADA MATA PELAJARAN PAI DITINJAU DARI PROSES DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU AR RAIHAN [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7248/1/SKRIPSI DENI FAUZI.pdf

Masykur. (2019). TEORI DAN TELAAH PENGEMBANGAN KURIKULUM (1st ed.). CV Anugrah Utama Raharja.

Nur’aini, Fransisca and Sisdiana, Etty and Wirda, Yendri and Fujianita, S. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Menuju Kompetensi Abad 21. Risalah Kebijakan, 1–6.

Nurdiansyah, F. M., & Kholidya, C. F. (2022). Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren Di Pondok Pesantren Assholach Kejeron Pasuruan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(6), 1–11.

OECD. (2023). The State of Learning and Equity in Education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson Education.

Sakan, R. M., Utanto, Y., & RC, A. R. (2019). Determination of Teachers Readiness in Implementing Curriculum 2013 at Senior High Schools in Kupang City, East Nusa Tenggara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(1), 24–32.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sere, I., & Manaf, A. (2023). Meta-Analysis of Technology-Based Islamic Religious Education Learning: Analysis of Its Effectiveness and Heterogeneity. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(3), 1042–1056. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i3.202312

Siregar, J. (2022). Telaah Kurikulum (Teori Pengkajian Kurikulum). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sufiyah, S., Rohbiah, & Cahayadi, A. (2023). Integrasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI dengan Pendekatan Kontekstual. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(1), 119–124.

Sukino, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6597

Zaenab, N. (2022). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam (S. Nurhayati (ed.); 1st ed.). Lintas Nalar.

Zahroh, S. U. M. I. (2021). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM [Institut Agama Islam Negeri Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10528

Zainuri, H. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/intelegensia.v12i1.6848

Downloads

Published

28-06-2025

How to Cite

PENDEKATAN DAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2025). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 3(1), 38-54. https://doi.org/10.71025/zr946g36

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.