IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 32 REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.71025/ggfw2s84Keywords:
Digital Learning Media, Conventional Learning Media, PAIAbstract
Abstract
This research aims to determine the application of digital learning media and conventional learning media in PAI lessons at SDN 32 Rejang Lebong. This research uses a qualitative method, where the PAI teacher at SDN 32 Rejang Lebong is the primary source and books or journals are the secondary sources. Then the data collected was analyzed using the interactive model from Miles & Huberman. The results of the research show that the maximum application of digital learning media and conventional learning media has been carried out by PAI teachers. However, the application of digital learning media is only carried out when the material is difficult to explain and limited facilities are also other causes. The hope is that the school will provide more digital media to make it easier for teachers to teach. Meanwhile, conventional learning media is optimal, which is carried out by PAI teachers by taking advantage of the environment, but you need to pay attention when using this, there are not many students, a maximum of 15 students is enough so that the media can function optimally.
Keywords: Digital Learning Media, Conventional Learning Media, PAI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran digital dan media pembelajaran konvensioanal pada pelajaran PAI di SDN 32 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang mana guru PAI SDN 32 Rejang Lebong menjadi sumber primer dan buku ataupun jurnal yang menjadi sumber sekundernya. Kemudian data yang dikumpulkan di analisis dengan interactive model dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapan dari media pembelajaran digital dan media pembelajaran konvensional maksimal yang sudah dilakukan oleh guru PAI. Namun pada penerepan media pembelajaran digital hanya dilakukan ketika materi sulit untuk dijelas serta fasilitas yang terbatas juga menjadi penyebab lainya. Harapannya pihak sekolah memberikan lebih banyak media digital agar memudah guru dalam mengajar. Sedangkan media pembelajarn konvensional sudah optimal yang dilakukan oleh guru PAI dengan memanfaat sekitar namun perlu di perhatikan ketika menggunakan ini siswanya tidak banyak, cukup maksimal 15 siswa agar media dapat berfungsi dengan optimal.
Kata kunci : Media Pembelajaran Digital, Media Pembelajaran Konvensional, PAI
Metrics
References
Abdul Majid, Belajar Dan Pembelajaran Agama Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Andi Ferawati Jafar, “The Implementation Of The Conventional Learning Method To Physics Learning Outcomes Of Students,” Al-asna : Journal Of Islamic Education, vol 3.no 2 (2021), 191 <https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748>
Anwar, Khairul, “Pendidikan Islam Kontemporer : Antara Konsepsi Dan Aplikasi” (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018) <http://repository.radenintan.ac.id/6005/1/KHAIRILANWAR- 1786108046.pdf>
Asnawir, Basyiruddin, Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Atho’illah, “Konsep Pendidikan Islam Dan Pesantren Dalam Perspektif Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Dan Prof. Dr. KH. M. Tholchah Hasan” (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002)
B.Miles, Matthew, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana, Qualitativ Data Analysis : A Methods Sourcebook 3 rd ed (New York: NY: SAGE Publications, 2014)
Bearnard, H.Russell, Research Methods in Anthropology : Qualitative and Quantitative Approaches (Walnut Creek: Altamira Press, 2006)
Bina Prima Panggayuh, “Impelementasi Active Learning Pada Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Religiusitas Siswa” (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020) <http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53219>
Chotibul Umam, Inovasi Pendidikan Islam (Riau: Dotplus Publisher, 2020)
Faisal, Aida Imtihana, dan Wasilah, “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Bagi Guru PAI di SD Negeri Sugiraya- Musi Banyuasin,” Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 1.2 (2023), 90 <https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jusiik-widyakarya.v1i2.479>
Imron Fauzi, “Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot,” Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, vol 16.no 1 (2023), 67 <https://doi.org/https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i1.2132>
Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017)
Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjuan Konseptual Operasional (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Meigi Enggelina Lakburlawai, “Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional Untuk Muatan Pelajaran Matematika dalam Subtema Hewan di Sekitarku Untuk Siswa SD kelas II” (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017)
Muis, Andi Abd, dan Arifuddin, Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Parepare: Lembaga Penerbitan Universitas Muhammadiyah Parepare, 2018)
Nurani Se, “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pesera Didik SD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kebupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018” (Institut Agama Islam Negeri Metro, 2017) <https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1674>
Nuriyatul Fitriyah, “Hubungan Kompetensi Profesional dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Fiqh Peserta Didik MI Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur” (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2020)
Rianti Eka Pasti Sitompul, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Benda Konkret dengan Pembelajaran Konvensional pada mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan Tahun ajaran 2018/2019” (Universitas Quality Medan, 2019)
Ruliyana, Nur Umi, “Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Pengaruhnya Dalam Ketaatan Menjalankan Ajaran Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 5 Tengerang” (Univeristas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011)
Sri Wahyuni, “Pengembangann Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 5 Jeneponto” (Universitas Negeri Makassar, 2020)
Suharjiyanto, “Efektivitas Media Pembelajaran Digital Pada Mata Pelajaran Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin Materi Roda Gigi di SMK Muhammadiyah 1 Bantul” (Universitas Negeri Yogyakarta, 2012)
Susilo, Farid Agus, Meningkatkan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran (Bandung: Monograf, 2018)
Talizaro Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol 2.no 2 (2018), 103–14 <https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113>
Widiati, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik SMP 3 Muhammadiyah Metro” (Univeristas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019) <http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5977>
Yunardi Kristian Zega, “Peran guru PAK memanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta didik,” Jurnal Apokalupsis, vol 13.no 1 (2022), 70–92 <https://doi.org/https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41>
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asep Wijaya, Fahmi Makraja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.