SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA OFFLINE DAN ONLINE DI TK BHINNEKA II NOGOSARI TRIRENGGO BANTUL

Authors

  • Anisatul Maghfiroh Universitas Alma Ata Author
  • Fifi Indriyaningsih Universitas Alma Ata Yogyakarta Author
  • Gunar Universitas Alma Ata Yogyakarta Author
  • Fauzan Rasyid Ikhwan Universitas Alma Ata Yogyakarta Author
  • Muhammad Samsul Anam Universitas Alma Ata Yogyakarta Author

Keywords:

Islamic Religious Educatio, Students, Problem, Solution

Abstract

Permasalahan dalam dunia pembelajaran pastinya selalu ada begitu pula Ketika muncul suatu masalah pasti ada solusi untuk mengatasinya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan solusi yang ada dalam penyampaian pembelajaran Pendidikan Agma Islam di TK Bhinneka II Nogosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian di TK Bhinneka II Nogosari menunjukan bahwasannya pembelajaran Pendidikan agama islam disana sudah sangatlah baik. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang muncul dalam proses penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik secara offline maupun online di TK Bhinneka II Nogosari. Salah satu yang menjadi faktor utama adalah rasa jenuh dan malas yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam menghadapi hal tersebut guru memiliki beberapa solusi tersendiri. Yaitu dengan cara melakukan sebuah pendekatan yang lebih kepada peserta didik tersebut. Dan juga mengajak orang tua dari peserta didik tersebut untuk lebih berperan aktif ketika dalam mendampingi peserta didik belajar dirumah.

References

Junaedi, Ifan. “Proses pembelajaran yang efektif”. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2019

Ali Dinas Sosial Kota Banda Aceh MM. “Pembelajran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini”. Vol. 1, Jurnal Edukasi. 2015.

Hayani, Aida. Comparison of Haybrid Learning in Islamic education at middle school, Attarbiyah: journal of Islamic Culture and Education, Vo.1, No.1, 2024 15-25.

Hayani, Aida. Constructive Alignment of Islamic Education Curriculum in Doctoral Program at Sunan Kalijaga Yogyakarta, AL-ISLAH: Jurnal Pendidikan, Vo.14, No.4, 2022 .

Hayani, Aida. Indonesia National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI Doctoral in UIN Sunan Kalijaga, Attarbiyah: journal of Islamic Culture and Education, Vo.1, No.1, 2024 15-25.

Hayani, Aida. Developing Curriculum of the Department of Islamic Religious Education IAIN Lhokseumawe Aceh, Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, Vol 2, No. 1, 2018.

Kuncoro KS, Sukiyanto S, Irfan M, Amalia AF, Pusporini W, Wijayanti A, et al. Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022

Kurniati, Euis. "Permasalahan dan Bimbingan Anak Usia Dini." (2012)

Satrianingrum AP, Prasetyo I. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020

Ujianti PR, Suastika N, Sri P, Dewi D. Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2021

Lestari Kudadiri A. “Kesulitan Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. 2019

Astuti IY, Harun H. Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020

Downloads

Published

13-11-2024

How to Cite

Anisatul Maghfiroh, Fifi Indriyaningsih, Gunar, Fauzan Rasyid Ikhwan, & Muhammad Samsul Anam. (2024). SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA OFFLINE DAN ONLINE DI TK BHINNEKA II NOGOSARI TRIRENGGO BANTUL. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(2), 136-146. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/IJISS/article/view/115

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.