PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU di MA SYAMSUL MAARIF PRAYA BARAT LOMBOK TENGAH

Authors

  • Rinayanti Ulfa Universitas KH. Abdul Chalim Author
  • Mohammad Maulana Nur Kholis Universitas KH. Abdul Chalim Author
  • Ashari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.71025/ch1e6j27

Keywords:

The role of the principal, improving teacher, professionalism

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : Pertama, untuk menganalisis perencanaan layanan Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Ma’arif Praya Barat. 2) untuk menganalisis Profeionalitas guru di MA Syamsul Ma’arif Praya Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Trianguasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Ma’arif Praya Barat. Bawasannya kepala sekolah Syamsul Ma’arif sudah melakukan tugasnya sebagai kepala sekolah yakni, peran kepala sekolah sebagai Educator, sebagai manager, sebagai supervisor, sebagai administrator, dan sebagai Motivator sesuai dengan visi, dan misinya. Maka dari itu langkah-langkah programnya  bisa berjalan sesuai dengan rencana yang ada seperti menyusun perencanaan, mengkoordinasikan kegiatan, melakukan pengawasan, evaluasi terhadap kegiatan. Akan tetapi masi ada kendala mengenai dengan fasilitas meja dan kursi untuk peserta didik belum terakomudir dengan baik. (2) Profesionalitas guru di MA Syamsul Ma’arif Praya Barat untuk profesional guru di MA Syamsul Ma’arif Praya Barat bawasanya guru-guru sudah berusaha untuk menjadi guru yang profsional dimana mereka selalu memberikan motivasi untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran. Akan tetapi masih kendala yang menyangkut dengan fasilitas internetan yang di sediakan oleh kepala sekolah namun masi ada guru yang tidak bisa mengunakan internetan dalam belajar. Dengan demikian ada juga yang masi kewalahan dalam memberikan materi ketika  tidak sesui dengan profesinya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andang. Manajemen dan Kepemimpinan kepala sekolah (Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Gerbang Media, 2014.

Ashari, Ashari. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” Masters, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 2023. http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2582/.

Ashari, dan Zakariyah. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 1 (17 Juni 2024): 1–15.

Huriaty, Dina, Zefani Esterani, dan Muhammad Saufi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan -- Edisi Khusus ISETA, 23 Agustus 2022, 1–15. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1858.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

M. Ngalim Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya, 2018.

Michael Stephen Schiro. Teori Kurikulum. Jakarta: PT. Indeks Jakata, 2017.

Muchtar. Metode pembelajaran yang berhasil. Jakarta: CV. Sama Mitra Suksesa, 2003.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Permendiknas. No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah., 2007.

Samsilayurni. “Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Manajer Sekolah.” ResearchGate, 22 Oktober 2024. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i2.284.

Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, dan Alfroki Martha. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1, no. 3 (1 Desember 2020): 258–64. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30.

Suyanto, dkk. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga, 2013.

Downloads

Published

07-06-2025

How to Cite

[1]
Rinayanti Ulfa et al. 2025. PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU di MA SYAMSUL MAARIF PRAYA BARAT LOMBOK TENGAH. Indonesian Journal of Islamic and Social Science. 3, 1 (Jun. 2025), 48–62. DOI:https://doi.org/10.71025/ch1e6j27.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.