INOVASI KIAI DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN PESANTREN AL AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA JAWA TIMUR

Authors

  • Nawari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Author
  • Hasyim Asy’ari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Author
  • Ashari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.71025/1qj2fh11

Keywords:

Innovation, Kiai, Islamic Boarding School Education, Management

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi Sumber data dalam penelitian ini pembimbing dan santri yang mengikuti bimbingan kuliah luar negeri Teknik analisis data menggunkan Miles Huberman dengan 3 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan Keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, memperpanjang waktu penelitian dilapangan serta trianggulasi Teknik dan sumber

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan di Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur melibatkan empat tahap utama: perencanaan untuk menetapkan tujuan secara terstruktur, pengorganisasian untuk pemanfaatan sumber daya, pelaksanaan program dengan fokus pada hafalan dan pendidikan formal, serta pengawasan untuk memastikan kesesuaian dengan visi dan rencana kerja Hasilnya diharapkan meliputi alumni yang mampu menghafal hingga 30 juz dan menguasai bahasa asing dengan baik, serta mendapatkan penilaian positif dari masyarakat Faktor pendukung termasuk pembimbing berkompeten dan kondisi jasmani santri, sementara penghambat meliputi kekurangan pembimbing, niat yang tidak tulus, dan masalah pengaturan waktu

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Hakim dan N Hani Herlina, “Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no 1 (31 Mei 2018): 111, https://doiorg/1036667/jppiv6i1157

Aisyah, Siti, Munaya Ulil Ilmi, Muhammad Amirudin Rosyid, Eni Wulandari, dan Fandi Akhmad. “Kiai Leadership Concept in The Scope of Pesantren Organizational Culture.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 3, no. 1 (29 Januari 2022): 40–59. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.106.

Akbar, Ali, dan Hidayatullah Ismail. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (3 Juli 2018): 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139.

Akib, Haedar. “Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa dan Bagaimana.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 1, no. 1 (15 Maret 2012): 1. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289.

Almafahir, Ahmad, dan Ari Alpiansyah. “Manajemen Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Sittah: Journal of Primary Education 2, no. 2 (30 Oktober 2021): 175–88. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3402.

Anwar, Sumarsih. “Penyelenggaraan Pendidikan Takhfidzul Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Tasikmalaya.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, no. 2 (31 Agustus 2017). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.171.

Ashari, dan Zakariyah. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 1 (17 Juni 2024): 1–15.

Budiyanti, Nurti, Nurwadjah Ahmad, Andewi Suhartini, dan Muhamad Parhan. “The Development of Post-Modern Islamic Boarding Schools (Case Study at IHAQI Creative Pesantren in Bandung).” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 1 (31 Mei 2021): 73–84. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.584.

Darwisyah, Darwisyah, Kemas Imron Rosadi, dan Hapzi Ali. “Berfikir Kesisteman Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (9 Maret 2021): 225–37. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.444.

Edimizwar, dan Mawaddatur Rahmah. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 1 (25 Juni 2023): 49–56. https://doi.org/10.71025/9mfdjr91.

Hakim, Abdul, dan N. Hani Herlina. “Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (31 Mei 2018): 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157.

Jailani, Mohammad. “Meneguhkan Inovasi Pendidikan Dalam Diskursus Al-Qur’an: Kebermanfaatannya Di Sekolah-Madrasah Di Indonesia.” Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran 5, no. 2 (12 April 2023): 151–70. https://doi.org/10.20871/tjsq.v5i2.252.

Khadijatul Musanna dkk, Cannabis Seeds as a Culinary Ingredient:: A Sociological Study of the Acehnese Community, SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, Vol.2, No.9, 2024

Khadijatul Musanna, Fahmi Makraja, Fitri Yanti, Maqasid : Jurnal Studi Hukum Islam, Vol.13, No. 2, 2024,

Maghfiroh, Anisatul, Fifi Indriyaningsih, Gunar, Fauzan Rasyid Ikhwan, dan Muhammad Samsul Anam. “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Offline Dan Online Di TK Bhinneka II Nogosari Trirenggo Bantul.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 136–46. https://doi.org/10.71025/1w250q90.

Mizwar, Edi, Habiburrahim, dan Silahuddin. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 92–105. https://doi.org/10.71025/9ncyhf93.

Nabila, Nabila. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 5 (25 Mei 2021): 867–75. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170.

Saifuddin, Diana, dan Liza Mutia. “Integrasi Sistem Pendidikan Dayah Darussa’adahcot Tarom Baroh Melalui Madrasah.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 1 (20 Juni 2023): 11–21. https://doi.org/10.71025/cgnd4854.

Saputra, Edi, dan Rahmatina Aulia. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV A Di MIN 9 Bireuen.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 1 (22 Juni 2023): 22–35. https://doi.org/10.71025/c0zxf168.

Umam, Wafiqul. “Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren.” Attractive : Innovative Education Journal 2, no. 3 (12 November 2020): 61. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.60.

Wijaya, Asep, Muhammad Wali Ismady, dan Rosdiana. “Analisis Pengukuran Kompetensi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 67–79. https://doi.org/10.71025/hepjer05.

Ahmad Almafahir dan Ari Alpiansyah, “Manajemen Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah,” SITTAH: Journal of Primary Education 2, no 2 (30 Oktober 2021): 175–88, https://doiorg/1030762/sittahv2i23402

Ali Akbar dan Hidayatullah Ismail, “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang,” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no 1 (3 Juli 2018): 21, https://doiorg/1024014/afv17i15139

Aziizu, Burhan Yusuf Abdul "Tujuan besar pendidikan adalah tindakan" Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no 2 (2015) https://doiorg/1031004/jpdkv4i69498

Baidlawi, H Moh "Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Atas Pembaharuan Pendidikan di Pesantren)" TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 1, no 2 (2006)

Darwisyah Darwisyah, Kemas Imron Rosadi, dan Hapzi Ali, “Berfikir Kesisteman Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pendidikan Islam,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu SOSIAL 2, no 1 (9 Maret 2021): 225–37, https://doiorg/1038035/jmpisv2i1444

Haedar Akib, “Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa dan Bagaimana,” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 1, no 1 (15 Maret 2012): 1, https://doiorg/1026858/jiapv1i1289

https://doiorg/1019105/tjpiv1i2198

Justan, Rahmat, Margiono Margiono, Abdul Aziz, and Sumiati Sumiati "Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)" ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 3, no 2 (2024): 253-263 https://doiorg/1056799/jimv3i22772

Mohammad Jailani, “Meneguhkan Inovasi Pendidikan Dalam Diskursus Al-Qur’an: Kebermanfaatannya Di Sekolah-Madrasah Di Indonesia,” Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran 5, no 2 (12 April 2023): 151–70, https://doiorg/1020871/tjsqv5i2252

Muhammedi, Muhammedi "Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membina self control siswa (Studi kasus di SMA Swasta al-Azhar Plus Medan)" PhD diss, Pascasarjana UIN Sumatera Utara, 2014

Nabila Nabila, “Tujuan Pendidikan Islam,” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no 5 (25 Mei 2021): 867–75, https://doiorg/1036418/japendiv2i5170

Nurti Budiyanti dkk, “The Development of Post-Modern Islamic Boarding Schools (Case Study at IHAQI Creative Pesantren in Bandung),” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no 1 (31 Mei 2021): 73–84, https://doiorg/1037680/qalamunav13i1584

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, Lis Hafrida, Vidriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto et al Metodologi Penelitian Kualitatif Semarang: Pradina Pustaka, 2022

Putri, Ardianti Yunita, Elia Mariza, and Alimni Alimni "Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahirnya Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Sejarah Perkembangan Pesantren/Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini)" Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no 2 (2023): 6684-6697 https://doiorg/1031004/innovativev3i21140

Siti Aisyah dkk, “Kiai Leadership Concept in The Scope of Pesantren Organizational Culture,” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 3, no 1 (29 Januari 2022): 40–59, https://doiorg/1031538/tijiev3i1106

Sumarsih Anwar, “Penyelenggaraan Pendidikan Takhfidzul Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Tasikmalaya,” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15, no 2 (31 Agustus 2017), https://doiorg/1032729/edukasiv15i2171

Syafe'i, Imam "Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter" Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no 1 (2017): 61-82

Umam, Wafiqul "Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren" Attractive: Innovative Education Journal 2, no 3 (2020): 61-69 http://dxdoiorg/1051278/ajv2i360

Untari, Titin "Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran" Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2, 2017http://hdlhandlenet/11617/9595

Wafiqul Umam, “Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren,” Attractive : Innovative Education Journal 2, no 3 (12 November 2020): 61, https://doiorg/1051278/ajv2i360

Wahyuni, Eka, Imam Nawawi, Rukiah Lubis, Erningsih Erningsih, Afriana Afriana, Liza Husnita, Tomi Arianto et al Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Bandung: CV Gita Lentera, 2023

Downloads

Published

07-06-2025

How to Cite

[1]
Nawari et al. 2025. INOVASI KIAI DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN PESANTREN AL AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA JAWA TIMUR. Indonesian Journal of Islamic and Social Science. 3, 1 (Jun. 2025), 63–81. DOI:https://doi.org/10.71025/1qj2fh11.

Similar Articles

11-20 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.