ANALISIS KINERJA GURU PENJAS DI SEKOLAH KOTA BANDA ACEH TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.71025/rfgsw015Keywords:
KINERJA, GURU , PENJASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru Pendidikan Jasmani (Penjas) di sekolah-sekolah kota Banda Aceh selama tahun 2024. Melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mengevaluasi berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja guru, metode pengajaran yang diterapkan, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara terstruktur, dan observasi langsung. Temuan utama menunjukkan bahwa metode pengajaran yang bervariasi dan inovatif, termasuk penggunaan teknologi, berkontribusi positif terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa. Selain itu, dukungan sekolah dan fasilitas yang memadai juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru. Namun, keterbatasan fasilitas dan kurangnya pelatihan teknologi masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyarankan peningkatan pelatihan profesional berkelanjutan, penyediaan fasilitas olahraga yang lebih baik, dan dukungan lebih dari pihak sekolah untuk mengoptimalkan kinerja guru Penjas di Banda Aceh. Temuan ini memberikan wawasan mendalam dan rekomendasi praktis untuk pengembangan pendidikan jasmani di masa depan.
Metrics
References
Andriani, Reki Tri, Asep Wijaya, dan Suriyanti. “Analisis Penggunaan Metode Islamic Montessori Dalam Menanamkan Nilai Islam Pada Anak Di Ra Tunas Literasi.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 2 (25 Desember 2023): 81–92. https://doi.org/10.71025/hs4qr629.
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.
Abdulloh, Ma’ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ashari, dan Zakariyah. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 1 (17 Juni 2024): 1–15.
Edimizwar, dan Mawaddatur Rahmah. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 1 (25 Juni 2023): 49–56. https://doi.org/10.71025/9mfdjr91.
Jumali dkk. 2004. Landasan Pendidikan. Surakarta : Muhammadiyah University Press.
Khadijatul Musanna, Aulia Fitri, Deva Nabilah, APLIKASI E-WALLET: SOLUSI DIGITAL UNTUK PERLINDUNGAN HARTA BERDASARKAN MAQASID SYARIAH, Jurnal AL-MAQASID : Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan, Vol.10, No.2 (2024),
Khadijatul Musanna, Implementasi Praktik Shopee Paylater Salam Perspektif Ba’I As-Salam, TAQNIN : Jurnal Syariah dan Hukum, Vol.6, No 2 (2024)
Maghfiroh, Anisatul, Fifi Indriyaningsih, Gunar, Fauzan Rasyid Ikhwan, dan Muhammad Samsul Anam. “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Offline Dan Online Di TK Bhinneka II Nogosari Trirenggo Bantul.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 136–46. https://doi.org/10.71025/1w250q90.
Mukhtar dan Iskandar. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orintasi Baru). Jakarta. Gaung Persada Press : 2010.
Mizwar, Edi, Habiburrahim, dan Silahuddin. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 92–105. https://doi.org/10.71025/9ncyhf93.
Saputra, Edi, dan Rahmatina Aulia. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV A Di MIN 9 Bireuen.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 1, no. 1 (22 Juni 2023): 22–35. https://doi.org/10.71025/c0zxf168.
Tatminngsih, Sri. 2010. Buku Panduan PAUD. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wijaya, Asep, Muhammad Wali Ismady, dan Rosdiana. “Analisis PengukuranKompetensi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2, no. 2 (25 Desember 2024): 67–79. https://doi.org/10.71025/hepjer05.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ridha Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.